Pengantar Perdagangan Elektronik (E-commerce)

Perkembangan terbaru di bidang internet dan teknologi informasi telah menciptkana minat yang luar biasa pada bidang perdagangan elektronik (e-commerce) di masyarakat. E-commerce membantu pelanggan, penyedia jasa dan komoditas, sebagian perusahaan informasi bisnis, mengelola transaksi binis dan menjaga ikatan antar pemasok, pelanggan dan vendor dalam jaringan telekomunikasi. Dalam perusahan bisnis global yang baru dan lembaga yang menyediakan barang dan jasa, e-commerce serentak mengubah evolusi dunia di bidang perdagangan yang berdampak pada perubahan secara logis dan struktur secara fisik sebuah perusahaan dalam area tersebut. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mengulas kembali mengenai prinsip dari e-commerce , definisi, sejarah, kerangka kerja, langkah-langkah, model, keuntungan dan pembatas dari e-commerce 

Jurnal ini berargumen bahwa selain dari seluruh kelebihan yang dimiliki e-commerce, terdapat pula kekurangan : seperti sulitnya akses ke computer pribadi, kecepetan transfer data yang rendah, dan sulitnya mengakses ke situs. Namun karena meningkatnya pengguna internet dan kemudahan akses ke dunia virtual, para peneliti terus mengembangkan teknologi infomasi yang ada, dan lambat laun e-commerce dapat merubah cara pandang masyarakat terhadap dunia.


Yaser Ahangari Nanehkaran, "An Introduction to Electronic Commerce," International Journal of Scientific & Technology Research, 2013





Comments